Selasa, 06 Desember 2011

Seni Menggerakkan Manusia


Seni menggerakan manusia, waw udah berasa paranormal aja atau boleh dibilang limbat yang bisa mengerakaan manusia atau uya kuya menghipnotis sehingga bisa membuat orang curcol. No it’s not tetapi seni menggerakan manusia itu adalah....... *Read this blog so you can know what’s the meaning of “Seni menggerakan manusia” benarkah seperti yang ada di tipi-tipi, chek it out. J

Seni menggerakan manusia itu, bukan berarti menggerakan manusia dengan sulap atau ilmu sihir melainkan menggerakan manusia secara alamiah. Yups, materi ini saya dapatkan saat preschool SCORE hari kedua tepatnya hari Rabu 31 november 2011 yang dibawakan oleh dokter harry atau yang akrab disapa dengan kang harry.

Menggerakkan manusia di sini adalah bagaimana orang-orang disekitar kita dapat menghormati kita dan mau mendengarkan masukan dari kita sehinnga bisa tergerak untuk melakukan ‘sesuatu’ hal yang bermanfaat. Adapun step-stepnya untuk menggerakan manusia adalah :

1.       Integritas : Memberi kesan
Pernah dengar kata-kata bijak yang gajah mati meninggalkan gadingnya, tetapi manusia pada saat meninggal dunia yang ditinggalkan hanyalah sebuah nama baik (dikutip dari buku yang dipinjamkan kang DJ).
Why we need a integrity?
Integritas perlu agar orang lain dapat percaya terhadap diri kita, dimana integritas adalah konsisten terhadap apa yang telah diucapkan sesuai dengan perbuatan. Untuk menciptakan sebuah integritas, kita bisa mulai dari hal yang kecil dulu yakni dari cara kita membuat Learning Issue orang-orang bisa menilai diri kita dari situ. Selanjutnya bisa dikembangkan sendiri karena kita butuh kepercayaan rang lain selain sebagai seorang dokter nanti juga berguna saat berada dalam sebuah organisasi dimana kita harus membuat orang lain percaya terhadap diri kita sehinnga mau bersama-sama mencapai tujuan yang ada organisasi itu sendiri. Integrtas dijaga terus hingga akhir hayat.

2.       Kepemimpinan : Menjaga kinerja
Agar staf dapat menjaga kinerja mereka, maka staf harus tahu sebenarnya apa sih visi yang ingin dicapai oleh organisasi tahun ini.
Hal yang dapat menggerakkan orang agar dapat melakukan sesuatu adalah kepentingan dan kata hati. Nah, jadi kita harus bisa membuat visi organisasi itu jadi kepentingan dan merupakan kata hati setiap anggota. Karena setiap orang pasti memiliki pemikiran yang berbeda-beda sehingga kita perlu membuat suatu visi yang jelas, karena organisasi itu merupakan sekolompok orang dua atau lebih yang berada dalam satu wadah yang memiliki tujuan yang sama (ingat pelajaran organisasi saat SMP *terharu) dan tujuan itu harus pas dengan anggotanya biar anggotanya mau bekerja dan mau berkontribusi dalam mengembangkan serta mencapai tujuan organisasi tersebut.

Selain menyamakan visi, kita juga harus Care terhadap masing-masing staf. Kalau bisa kita sampai tahu kondisi keluarganya gimana, percintaannya, dll, pokonya biar dia merasa diperhatikan oleh kita. Setelah mereka merasa terperhatikan oleh kita bakal ada timbal baliknya juga, mereka akan perhatian dengan kita dan organisasinya.

Lakukan evaluasi mandiri dan berkala, kenapa? Karena masing-masing staf pasti pengen tahu sebenarnya udah seberapa besar kontribusi dan pengaruh yang diberikannya terhadap perkembangan organisasi. Mereka juga pengen tahu gimana sih perkembangan organisasi secara keseluruhan.
3.       Manajemen : meningkatkan kinerja

· Be Inspiring
· Harus tidak pernah puas
Memiliki kemampuan memotivasi diri terus menerus untuk meningkatkan kualitas pribadi. *copas from momonce.

Selain itu, ada 11 asas kepemimpinn seprti yang udah dijelasin di lecture PKn oleh ibut kita tergaul, jeng ana  *berasa nyebut nama sendiri dah. -_______-‘ silahkan diingat kembali saat kemarin lecture dari jeng ana, hahahah *piss*.

Selanjutnya seni menggerakan manusia salah satunya dengan PROPAGANDA. Dimana PROPAGANDA merupakan Komunikas yangi ntujuan untuk mengubah perilaku komunitas sehingga dapat memberi keuntungan bagi komunitas tersebut.
Ok begitulah sekilas tentang pre-schhol SCORE hari kedua, thanks to http://monikahasna.tumblr.com/ yang blognya membuat aku terinspirasi untuk menulis ini dan ada beberapa juga yang aku langusng kopi paste. Maaf yak hehehehe :D


Tidak ada komentar:

Posting Komentar