Selasa, 06 Desember 2011

StuDI BaNding I Ke Fakultas Sastra



Dari judulnya pasti udah kebayanglah ya :D.
Ya tepatnya hari selasa tangaal 29 November 2011 kelas nuklus melakukan perjalanan ke fakultas satra dimana dalam hal ini mengunjungi BEM fakultas tersebut.
Dimana pada awalnya bermula ketika saya menghubngi teman saya yang anak sastra untuk meminta nomor ketua BEM nya, dan setelah diberikan  ternyata itu nomor ketua BEM lama. Dimana fakultas tersebut baru 2 hari yang lalu melakukan pergantian pengurus. Tapi untungnya dari beliaulah saya mendapat nomor ketua BEM yang baru. Saya pun langsung menghubungi dan alhamdulillah pada hari itu juga kami bisa langsung melakukan studi banding ke BEM fakultas sastra.
Pada awal masuk ke BEM nya kami mendapatkan sambutan yang hangat dari pihak BEM nya. Kami pun memulai ngbrol-ngbrol kecil, lebih tepatnya sharing mengenai struktur kepengurusan, sinergisasi dengn organisa-organisasi lain yang ada di sastra, bagaimana cara melakukan perekrutan anggota BEM nya sendiri, bagaimana mendapatkan dana untuk kegiatan kemahasiswaan dan masih banyak lainnya lagi.
Ya, dalam berbincang-bincang dengan pihak BEM fakultas sastra terdapat beberapa perbedaan, salah satunya dari cara perekrutan anggota dimana mereka menentukan dulu dengan cara pemilihan siapa presiden BEM nya kemudian setelah terpilih baru preside BEM dan wakilnya menentukan para menteri-menteri. Selanjutnya mereka melakukan OR untuk anggot-anggota BEM tersebut dimana dari setiap pendaftar discreening datanya terlebih dahulu, kemudian dilakukan wawancara dan ada tugas-tugas lainnya. Setelah dinyatakan lulus baru diadakan pelatihan untuk anggota-anggota tersebut.
Kemudian untuk UKM disastra disebut KMM (lupa kepanjanganny /:D), dan fakultas satra memiliki organisasi-organisasi yang kurang lebih sama dengan BEM namun organisasi ini berda pada tingkat jurusan yang ada di fakultas sastra yakni yang disebut HMJ (himpunan mahasiswa jurusan).
Untuk pendanaan sendiri, mereka sama melakukan jual-jualan dqan mencari sponsorship, dari pihak dekanat fakultas sendiri kegiatan-kegiatan yang akan dibiayai itu harus dscreening dulu apakah layak untuk dibiayai dan juga ada dan dari penerimaan mahasiswa baru dimana beberapa persen akan dibagi ke BEM dan organisasi-organisasi lain yang ada di fakultas sastra itu sendiri.
Kurang lebih seperti itu, dan masih banyak pelajaran-pelajaran lain yang bisa saya dapatkan dari kegiatan studi banding. Ucapan terimaksih untuk teman-teman nukleus dan juga para guru di SCORE. :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar