Minggu, 27 November 2011

Jangan Hanya Melihat Keadaan Luar tetapi Kedaan Di Dalam Juga (Part 1)


Saya baru sadar ternyata selama ini saya telah salah menilai. Saya hanya bisa memprotes tanpa pernah tahu sebenarnya ada masalah apa di dalam CIMSA itu. Hingga pada akhirnya saya menyadari kesalahan saya itu setelah melakukan wawancara dengan LOCO (Local Coordinator) CIMSA UNPAD periode 2009 dan periode 2010.
Berikut adalah wawancara dengan Teh Tita Rashida LOCO 2010.
Motivasi saya untuk menjadi LOCO adalah karena saya sangat mencintai CIMSA, saya merasakan hal itu ketika saya benar-benar terjun di dalam CIMSA itu sendiri. Tugas LOCO itu sendiri pun mengkoordinir Local, kayak semua di CIMSA itu all in one, membuat project bersama official, mentraining masing-masing divisi, memberikan masukan dan jalan keluar ketika ada divisi yang menghadapi masalah”, tutur Teh Tita. Menurut beliau juga selama menjabat sebagai LOCO masalah yang terjadi begitu kompleks, mulai  dari para official, anggota CIMSA itu sendiri, sampai masalah ke Dekanat. Untuk masalah official, ternyata masih banyak official yang belum ngerti sama tugasnya sendiri meskipun rata-rata official di CIMSA itu pada loyal tetapi masih banyak yang bingung tugas mereka sendiri dan bingung apa yang haru dilakukan. Untuk anggota, meskippun anggota di CIMSA sekarang banyak tetapi hanya sedikit yang mencintai CIMSA dan menemukan passion di cimsa sehingga banyak juga anggota yang “gabut” ditambah dengan kondisi official yang seperti itu. Untuk masalah official diadakan training tapi training itu sendiri menurut beliau gak efektif kalau hanya 1 hari atau 2 hari jadi lebih ke arah pengalaman masing-masing official, makanya nanti akhir-akhir sekarang baru ngerti dengan tugasnya setelah merasakan. Dan untuk masalah anggota, menurut beliau juga seharusnya terselesaikan di acara Sendal Jepit tetapi Sendal Jepit itu sendiri ada masalah di dalamnya, karena kondisi official seperti itu. Jadi, pengalaman dan pemahaman akan pengalaman orang lain itu sangat penting agar berkompeten dalam tugas masing-masing, selain itu ada peran dari pengurus sebelumnya jangan hanya menurunkan materi tetapi juga pengalaman.
Semua project tercapai tetapi ada juga yang sampai saat ini belum tercapai, Adapun project yang belum tercapai selama menjadi ketua yaitu kekeluargaan di CIMSA itu sendiri masih sangat kurang.
Jadi, beliau berharap semoga kepengurusan berikutnya bisa melanjutkan program-program yang sudah ada jangan mulai dari nol lagi, dan bisa memperbaiki masalah-masalah yang terdapat di kepengurusan sebelumnya untuk CIMSA Unpad yang lebih baik. Untuk itu, kepengurusan berikutnya nanti akan dipegang, dibimbing dan dipantau terus oleh pengurus sebelumnya dan akan dilepas sampai kira-kira bulan Maret biar tidak loss dan tidak mengulang kesalahan yang sama. Akhir kata dari beliau kesannya sebagai LOCO, “Aing mah CIMSAholic pisan lah. :D
Terimakasih buat teh Tita atas waktunya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar